Kamis, 19 Juli 2018

Angela Tumbuh Jadi Anak Cerdas yang Peduli


Anak cerdas tentu jadi dambaan semua orangtua. Saya sangat bersyukur dan berbangga dikaruniai seorang putri yang cerdas. Cerdas sangat ditentukan oleh asupan nutrisi lengkap dan seimbang serta stimulasi yang diberikan di setiap tahap usia tumbuh kembang si Kecil. Nutrisi bergizi yaitu menu 4 sehat 5 sempurna menjadikan si Kecil tumbuh sehat dan kuat , ditambah asupan nutrisi yang kaya akan omega 3 akan mengoptimalkan fungsi otak sehingga mendukung kecerdasan si Kecil. Stimulasi yang diberikan secara terus menerus tak kalah berperan penting dalam membentuk kecerdasan si Kecil sejak usia dini.

Angela membantu ibu mengepel lantai
Cerdas bukan melulu soal kepintaran otak dan mendapatkan rangking serta nilai bagus di kelas ya, Moms. Anak cerdas berarti anak yang juga mencerminkan sikap peduli kepada keluarga, teman , lingkungan, dan sesama. Saya mendidik putri saya, Angela Josephine untuk peduli kepada sesama dengan cara memberikan contoh yang sederhana dimulai dari rumah seperti membantu ibu , menolong kakek dan nenek membawakan barang sepulang dari pasar, dan melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Angela memang dikenal sebagai anak yang ringan tangan membantu pekerjaan ibu di rumah seperti membantu mencuci piring, menyapu lantai, mengepel lantai, membereskan mainan, dan mengelap kaca jendela rumah yang sudah berdebu. 

Angela suka sekali membantu mengelap kaca jendela 

Angela membantu ibu mencuci piring
Angela sudah melipat pakaian dengan rapi berkat sering bantu ibu

Ada satu pengalaman yang paling mengharukan tentang rasa kepedulian Angela di keluarga, yaitu saat kakeknya sedang sakit dan dirawat di rumah sakit, Angela menunggu, menghibur dan menemani kakeknya dengan penuh perhatian. 

Angela dengan senang hati menunggui kakek yang sakit di rumah sakit bersama ibu dan nenek

Setelah bersikap peduli di rumah, saya melatih Angela menjadi #AnakCerdasItuPeduli di lingkungan sekitar. Saya memberikan contoh yang baik dalam bersikap peduli kepada tetangga misalnya suka memberikan makanan dan minuman yang tersisa sehabis pesta kepada tetangga , menyumbangkan pakaian layak pakai ke tetangga yang tidak mampu, mendonasikan pakaian , sembako,dan peralatan sekolah kepada anak-anak panti asuhan. Angela pun menirukan kebiasaan baik saya dengan menyumbangkan pakaian yang sudah kecil ke anak-anak panti asuhan, memberikan mainan, buku , dan koleksi pribadi yang tidak terpakai lagi ke teman yang tidak mampu, dan suka berbagi makanan kepada teman di sekolah. Ternyata tidak sulit menumbuhkan sikap peduli pada si Kecil ya, Moms. Si Kecil pasti akan menirukan apa yang orangtuanya lakukan sehari-harinya. Dengan orangtua memberikan contoh dan teladan sikap peduli kepada sesama, maka si Kecil pun akan menirukan sikap peduli kepada lingkungannya juga.

Angela mendonasikan alat tulis dan sembako kepada anak-anak panti asuhan

Angela paling suka berbagi dengan teman-temannya. Saya suka melihat ia membagikan bekal pada teman yang tidak membawa bekal ke sekolah. Saat ada anak saudara datang menginap , Angela suka mengajak bermain bersama, membagikan makanan dan minuman , dan berbagi mainan yang ia punya kepada yang lain.

Angela berbagi rasa peduli kepada teman

Angela peduli kepada teman dengan tidak pelit berbagi mainan 

Angela suka berbagi makanan dan minuman kepada temannya

Saya senang Angela tumbuh menjadi #AnakCerdasItu peduli dalam kehidupan sehari-harinya. Saya selalu memberikan pesan kalau kita peduli kepada sesama, Tuhan akan senang dengan kita dan kita akan diberikan berkat yang melimpah karena telah membantu membahagiakan sesama manusia ciptaan Tuhan. Selain itu, dengan sikap peduli dan suka menolong akan mendapatkan pahala.

Selain sikap peduli kepada makhluk ciptaan Tuhan, saya menstimulasi kepedulian Angela kepada tumbuhan dan hewan yang juga makhluk ciptaan Tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Saya paling senang mengajak Angela berkebun dengan aktivitas menanam tanaman, menyiram, memupuk dan memanen hasil kebun. Dengan melakukan aktivitas berkebun menumbuhkan rasa kepedulian Angela kepada  alam sekitar. Saya suka bercerita tumbuhan menyediakan oksigen untuk manusia bernapas dan udara menjadi segar berkat tumbuhan yang terpelihara dengan baik. Angela pun mengerti akan pentingnya sikap peduli kepada lingkungan alam.

Angela tumbuh jadi anak cerdas peduli lingkungan hidup
Angela rajin menyiram tanaman di depan rumah 
Untuk #DukungCerdasnya Angela menjadi #AnakCerdasItuPeduli, sebagai Ibu Cerdas saya memberikan multivitamin yang melengkapi kebutuhan nutrisinya , yaitu Cerebrofort Gold. Cerebrofort Gold mengandung nutrisi lengkap yaitu AA, DHA , serta EPA ( minyak ikan ) yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan si Kecil dan menambah nafsu makan. Kebetulan Angela suka memilih-milih makanan sehingga dengan minum Cerebrofort Gold setiap 1 kali setiap hari sangat membantu melengkapi nutrisi hariannya.

Saat les atau bepergian ke luar kota, saya suka membawa camilan Marine Gummy rasa Mix Fruits kesukaan Angela. Camilan sehat yang baik untuk kecerdasan si Kecil dengan kandungan minyak ikan tuna kaya akan DHA dan EPA. Rasanya enak dan tidak amis bikin Angela suka. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar